Pengambilan Sumpah Pegawai Negeri Sipil Tahun 2016

0102 03 04 05 06 PONTIANAK – Acara Pengambilan Sumpah Pegawai Negeri Sipil Tahun 2016 dilaksanakan mulai pukul 08.30 WIB secara sederhana dan hikmat di Ruang Rapat Pimpinan Lantai 2 Gedung Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat, Jalan Ahmad Yani Pontianak, Kamis (26/05/2016).

Pengambilan Sumpah oleh Kepala Perwakilan BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat, Didi Budi Satrio, dan dilanjutkan dengan Pengukuhan Sumpah yang dilaksanakan oleh Rohaniawan, H. Rahmatullah dengan disaksikan oleh 2 (dua) orang saksi, yaitu Bambang Budi Purwanto dan Arianti.

Dalam sambutan Sekretaris Jenderal BPK yang dibacakan oleh Kepala Perwakilan BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat, bahwa Sumpah Pegawai Negeri Sipil merupakan Pilar Utama pemantapan seseorang untuk berkarier di lingkungan Pegawai Negeri Sipil Republik Indonesia. Sumpah Pegawai Negeri Sipil juga merupakan sebuah kontrak antara seorang Pegawai negeri Sipil dengan diri sendiri, instansi, Negara dan Tuhan Yang Maha Esa. Begitu kuatnya dampak perikatan sumpah Pegawai Negeri Sipil membuat seorang Pegawai Negeri Sipil harus mempertanggungjawabkan segala perbuatannya baik yang terkait langsung maupun tidak langsung dengan instansi. Salah satu hal yang terkait langsung adalah menjaga nama baik korps dimanapun dia berada.

Pengambilan sumpah ini dilaksanakan setelah kurang lebih setahun melaksanakan tugas kedinasan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil di unit kerja masing-masing. Selama periode tersebut, Calon Pegawai Negeri Sipil menjalankan program diklat dan program magang yang pada intinya memberikan kesempatan untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja sekaligus membuktikan apakah layak dan memenuhi persyaratan untuk melaksanakan tugas yang dibebankan kepada Calon Pegawai Negeri Sipil.

Setiap Pegawai Negeri Sipil harus memahami etika dalam bekerja, sopan santun dalam bersosialisasi di lingkingan kerja, mengenal dan menghormati Pimpinan, Atasan maupun rekan kerja. Senyum, salam dan sapa adalah hal yang mudah dilakukan namun dapat memberikan pengaruh yang besar dalam menciptakan suasana kerja yang nyaman.

Belajarlah mencintai pekerjaan, lakukan segala sesuatunya dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh keikhlasan. Jangan rendahkan diri dan martabat dengan menjual prinsip dan melakukan hal yang dapat memalukan diri sendiri dan merugikan negara.

Akhir kata, Sekretris Jenderal mengucapkan selamat bergabung secara penuh sebagai Pegawai Negeri Sipil di lingkungan BPK. Semoga dapat memegang teguh sumpah yang sudah diucapkan sehingga cita-cita BPK untuk mewujudkan lembaga pemeriksa yang kredibel dengan menjunjung tinggi nilai-nilai dasar untuk berperan aktif dalam mendorong terwujudnya tata kelola keuangan negara yang akuntabel dan transparan dapat tercapai.

Acara pengambilan sumpah ini juga dihadiri oleh pejabat struktural, pemeriksa, dan para pegawai undangan di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat.