Renstra BPK 2020–2024 merupakan dokumen awal dalam tahapan perencanaan strategis BPK untuk periode tahun 2020–2024 sebagai kelanjutan Renstra BPK periode sebelumnya. Periode penyusunan Renstra BPK 2020–2024 ini menyesuaikan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) untuk memudahkan dalam penyusunan arah kebijakan pemeriksaan dan tata kelola organisasi selama lima tahun ke depan dengan menyelaraskan agenda pembangunan nasional dan merespon dampak bencana pandemi COVID-19. Hal ini merupakan langkah BPK agar hasil pemeriksaan BPK nantinya dapat bermanfaat untuk pengambilan keputusan oleh lembaga perwakilan, pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya dalam rangka mencapai tujuan negara.
Renstra BPK 2020–2024 disusun dengan melibatkan seluruh jajaran di lingkungan BPK. Oleh karena itu, keberhasilan dari Renstra BPK ini ditentukan oleh peran aktif dari seluruh jajaran di lingkungan BPK untuk mengimplementasikannya dan mencapai visi, misi, tujuan, sasaran strategis serta target-target pengukurannya.
Mari kita rapatkan barisan untuk melaksanakan implementasi Renstra BPK 2020-2024 demi kemajuan dan kejayaan BPK ke depan melalui peran aktif dalam pemeriksaan untuk mewujudkan tata kelola keuangan negara yang berkualitas dan bermanfaat untuk mencapai tujuan negara.
VISI
Menjadi Lembaga Pemeriksa Tepercaya yang Berperan Aktif dalam Mewujudkan Tata Kelola Keuangan Negara yang Berkualitas dan Bermanfaat untuk Mencapai Tujuan Negara
MISI
- Memeriksa tata kelola dan tanggung jawab keuangan negara untuk memberikan rekomendasi, pendapat, dan pertimbangan
- Mendorong pencegahan korupsi dan percepatan penyelesaian ganti kerugian negara
- Melaksanakan tata kelola organisasi yang transparan dan berkesinambungan agar menjadi teladan bagi institusi lainnya
TUJUAN STRATEGIS
Meningkatnya tata kelola keuangan negara yang berkualitas dan bermanfaat
SASARAN STRATEGIS
Meningkatnya pemanfaatan rekomendasi, pendapat, dan pertimbangan atas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara serta penyelesaian ganti kerugian negara yang didukung tata kelola organisasi berkinerja tinggi
NILAI-NILAI DASAR
Pencapaian cita-cita yang tertuang di dalam visi dan misi akan dilaksanakan oleh seluruh pegawai dengan berlandaskan pada nilai-nilai dasar sebagai berikut:
Integritas
Kami membangun nilai integritas dengan bersikap jujur, objektif, dan tegas dalam menerapkan prinsip, nilai, dan keputusan
Independensi
Kami menjunjung tinggi independensi, baik secara kelembagaan, organisasi, maupun individu. Dalam semua hal yang berkaitan dengan pekerjaan pemeriksaan, kami bebas dalam sikap mental dan penampilan dari gangguan pribadi, ekstern, dan/atau organisasi yang dapat mempengaruhi independensi
Profesionalisme
Kami membangun nilai profesionalisme dengan menerapkan prinsip kehati-hatian, ketelitian, dan kecermatan, serta berpedoman kepada standar yang berlaku
Rencana Strategis BPK RI Perwakilan Kalimantan Barat
Renstra BPK RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat 2020–2024 merupakan dokumen awal dalam tahapan perencanaan strategis BPK RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat untuk periode tahun 2020–2024 sebagai kelanjutan Renstra BPK RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat periode sebelumnya. Periode penyusunan Renstra BPK RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat 2020–2024 ini menyesuaikan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) untuk memudahkan dalam penyusunan arah kebijakan pemeriksaan dan tata kelola organisasi selama lima tahun dengan menyelaraskan agenda pembangunan nasional. Hal ini merupakan langkah BPK RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat agar hasil pemeriksaan BPK RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat nantinya dapat bermanfaat untuk pengambilan keputusan oleh lembaga perwakilan, pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya dalam rangka mencapai tujuan negara.
Renstra BPK RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat 2020–2024 disusun dengan melibatkan seluruh jajaran di lingkungan BPK RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat . Oleh karena itu, keberhasilan dari Renstra BPK RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat ini ditentukan oleh peran aktif dari seluruh jajaran di lingkungan BPK RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat untuk mengimplementasikannya dan mencapai visi, misi, tujuan, sasaran strategis serta target-target pengukurannya.
Laporan Kinerja (LAKIN) Perwakilan Kalimantan Bara
Laporan Kinerja Tahun 2021
Perjanjian Kinerja Perwakilan Kalimantan Barat
Perjanjian Kinerja 2022 https://kalbar.bpk.go.id/wp-content/uploads/2024/08/PK_2022.pdf
Perjanjian Kinerja 2023 https://kalbar.bpk.go.id/wp-content/uploads/2024/08/PK_2023.pdf
Perjanjian Kinerja 2024 https://kalbar.bpk.go.id/wp-content/uploads/2024/08/KALBAR_PK-MR-2024.pdf
LAPORAN KINERJA (LAKIN) TAHUN 2022
LAKIN BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2022 memuat di antaranya kemajuan atas 13 indikator kinerja utama (IKU) yang menjadi tolok ukur pertanggungjawaban pelaksanaan tugas BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat. Dari 13 IKU tersebut, sembilan IKU dapat tercapai dengan baik bahkan melebihi target yang telah ditetapkan. Selain itu, BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat pada tahun 2022 juga terus melakukan upaya–upaya perbaikan dan peningkatan kinerja yang didukung dengan komitmen yang kuat dari seluruh unit kerja. Hal ini terwujud melalui pencapaian BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat sebagai satuan kerja dengan predikat Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan peringkat terbaik III dalam kegiatan Pemutakhiran Data Mandiri (PDM). BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat juga melakukan pengembangan–pengembangan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi yang menghasilkan enam inovasi dalam bidang pemeriksaan maupun kesekretariatan. Pencapaian–pencapaian tersebut merupakan komitmen BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat yang akan terus ditingkatkan pada tahun 2023 dalam menyongsong target akhir tahun 2024, yang tertuang dalam Rencana Strategis BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat 2020 – 2024. https://kalbar.bpk.go.id/wp-content/uploads/2023/02/046.-Lampiran-LAKIN-BPK-KALBAR-2022.pdf
LAPORAN KINERJA (LAKIN) TAHUN 2023
Dengan mengucap puji dan syukur ke hadirat Tuhan yang Maha Kuasa, BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat telah menyelesaikan Laporan Kinerja BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2023 (LAKIN). Laporan ini menggambarkan pencapaian kinerja BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat selama Tahun 2023, dan merupakan wujud transparansi dan akuntabilitas sebagai satuan kerja BPK yang bertanggung jawab atas pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan daerah di wilayah Provinsi Kalimantan Barat. Oleh karena itu, laporan ini juga dijadikan sebagai salah satu mediapenyampaian informasi kinerja BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat kepada para pemangku kepentingan dan masyarakat https://kalbar.bpk.go.id/wp-content/uploads/2024/02/Kalbar_Lakin-2023.pdf